Sudah Dibuka Lagi, Catat Daftar Objek Wisata di Bandung Berikut Ini!

Sudah Dibuka Lagi, Catat Daftar Objek Wisata di Bandung Berikut Ini!

Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Sebagai ibukota Jawa Barat, Bandung juga hampir sama padatnya seperti Jakarta. Kamu bisa menemukan banyak sekolah, perumahan, pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan modern, maupun objek wisata di Bandung.

Keputusan Kemenparekraf Terkait Pembukaan Wisata di Bandung

Seperti yang kamu ketahui, level PPKM sudah menurun. Hal ini tentu saja dapat menjadi angin segar bagi para penggelut bisnis pariwisata di Tanah Air karena pemerintah sudah mengizinkan beberapa kawasan wisata untuk dibuka kembali.

Di bawah Kemenparekraf melalui websitenya www.kemenparekraf.go.id, ada 20 objek wisata yang diizinkan untuk melakukan uji coba pembukaan. Namun, proses pembukaan tersebut tetap berada dalam pemantauan dan evaluasi secara bertahap dengan memperhatikan aspek kesehatan pengelola, pekerja, maupun pengunjung objek wisata.

Dalam tahapan evaluasi uji coba pembukaan kembali tempat wisata di Indonesia, ada beberapa destinasi wisata yang berasal dari Bandung Barat, Bandung Selatan, dan Bandung Timur. Berikut beberapa persyaratan jika ingin mendapat izin dari Kemenparekraf.

  1. Pengelola harus menerapkan protokol kesehatan yang berlandaskan CHSE
  2. Pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu, kemudian mengonfirmasi ketibaan dan kepulangan
  3. Pengelola harus menyediakan titik krisis, durasi, jarak antar pengunjung, dan kegiatan
  4. Menerapkan aplikasi Peduli Lindungi

Objek Wisata di Bandung yang Buka

Sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa destinasi wisata di Bandung yang sudah kembali dibuka untuk kamu. Wah, jangan sampai kelewatan, ya!

1. The Lodge Maribaya

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Bandung dan sudah kembali dibuka adalah The Lodge Maribaya. Objek wisata ini terletak di lokasi yang sangat strategis, yakni Jl. Maribaya Nomor 149/252, Cibodas, Bandung.

Taman bermain ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Disana, kamu bisa menikmati berbagai wahana permainan, misalnya Valley Swing, sambil melihat pemandangan alam yang indah.

Untuk masuk ke taman rekreasi ini, kamu harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Selain itu, pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kontak fisik yang tidak perlu dengan orang banyak.

2. Saung Angklung Mang Udjo

Selanjutnya, ada wisata edukasi Saung Angklung Mang Udjo. Wisata yang terletak di Jalan Padasuka Nomor 118, Kecamatan Cibeunying Kidul, Bandung buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Saung Angklung Mang Udjo sendiri merupakan tempat pertunjukan, workshop instrumen, dan pusat kerajinan tangan dari bambu. Sebelum pandemi, wisata ini selalu ramai karena dijadikan sebagai tempat study tour di Bandung.

3. Dago Dream Park

Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Dago Dream Park. Tempat rekreasi sekaligus olahraga ini bisa kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Keunggulan dari tempat wisata ini adalah kehadiran wahana mendayung perahu. Dengan menyewa perahu mini ini, kamu bisa merasakan suasana romantis bersama pasangan atau kehangatan bersama keluarga.

Sama seperti kawasan lainnya, kamu membutuhkan aplikasi Peduli Lindungi untuk dapat masuk ke wisata ini. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan vaksinasi Covid-19, ya!

4. Kawah Putih

Keempat, ada wisata Kawah Putih. Mulai tanggal 12 September 2021 lalu, Kawah Putih sudah kembali dibuka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, Kawah Putih juga memiliki tata cara berkunjung sebagai berikut.

  • Kamu boleh masuk jika sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal 1 kali dan diberi tanda sticker
  • Siapkan data vaksinasi dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi
  • Jangan membawa anak, adik, atau saudara yang umurnya masih kurang dari 12 tahun
  • Seluruh pengunjung diharuskan untuk menggunakan masker, baik medis maupun kain

5. Glamping Lakeside

Terakhir, ada wisata Glamping Lakeside. Destinasi wisata ini menawarkan tempat kemah premium bagi kamu yang ingin berkemah tapi tak mau ribet. Meskipun begitu, esensi dari kemah itu sendiri tetap bisa kamu rasakan, kok.

Bila kamu hanya ingin datang berkunjung, Glamping Lakeside buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Namun, jika kamu ingin menginap, kamu bisa melakukan check in pukul 14.00 dan check out keesokan harinya pukul 12.00 WIB.

Pasti kamu tak sabar untuk main dan mengunjungi berbagai objek wisata di Bandung. Meskipun begitu, jangan lupa ada pandemi yang masih mengintai kamu. Jadi, tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan agar keselamatan kamu tetap terjamin.