Pemanasan Bisa Kurangi Risiko Cedera Pada Anak, Simak 5 Tips Berikut!

Pemanasan Bisa Kurangi Risiko Cedera Pada Anak, Simak 5 Tips Berikut!

Olahraga masih menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan bagi semua orang di mana saja tanpa peduli latar belakang dan usia. Baik anak-anak hingga lansia harus memiliki agenda olahraga agar memiliki tubuh yang senantiasa sehat dan bugar. Pastikan Anda yang ingin mengajak anak melakukan aktivitas fisik bersama untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pasalnya, pemanasan jelang melakukan olahraga bisa meminimalisir risiko cedera otot yang acap terjadi.

Gerakan pemanasan sebelum olahraga bersama si kecil

Pemanasan bisa memberikan manfaat persiapan otot tubuh untuk melakukan kegiatan yang lebih menantang. Selain itu, pemanasan bisa membuat tubuh lebih rileks dan siap untuk aktivitas fisik yang lebih berat. Agar si kecil mau melakukan pemanasan sebelum olahraga, berikut 5 gerakan yang bisa Anda lakukan bersama anak yang dilansir dari Indosport yaitu :

 1.  Side Stretch

Ajak anak melakukan posisi berdiri  dengan kaki yang terbuka selebar bahu, lalu letakkan tangan kanan di pinggul sedangkan tangan kiri lurus ke atas. Lakukan gerakan seolah tangan kiri hendak menyentuh bahu kanan  selama kurang lebih sepuluh detik secara bergantian.

2.  Peregangan bahu

Anak yang sudah masuk sekolah pasti tidak asing dengan pemanasan olahraga berupa peregangan bahu. Anda bisa menunjukkan gerakan mengangkat lengan kiri sejajar dada dan tangan kanan memegang tangan kiri tersebut. Tahan selama beberapa saat, lakukan pula pada bagian lengan kanan.

3.  Peregangan otot

Ajarkan si kecil teknik peregangan otot dengan duduk di lantai atau matras dengan posisi tubuh yang tegak. Pastikan kaki kiri lurus dengan posisi jari mengarah ke atas, lalu tekuk kaki kanan masuk ke lipatan paha dalam. Coba biarkan tangan anak menyentuh ujung jari kaki kiri tersebut. Lakukan secara bergantian setiap sepuluh detik, ya!

4.  Child pose

Merupakan teknik mengambil napas dalam yoga yang bisa menjadi pemanasan jelang olahraga. Dudukkan tubuh anak dengan posisi berlutut atau bersimpuh dengan kondisi bokong tertumpu pada kaki. Luruskan tangan ke depan dan biarkan kening menyentuh lantai, ya! Tak hanya cocok menjadi pemanasan saja, banyak orang melakukan child pose untuk proses pendinginan tubuh setelah olahraga.

5.  Straddler Stretch

Buka kedua kaki lebar-lebar, lalu tempatkan lengan dan telapak tangan di lantai sebelum membungkukkan dada sedekat mungkin ke lantai. Upayakan untuk membungkuk dengan posisi punggung lurus, hembuskan napas dan tahan selama 10 detik. Saat kembali ke posisi duduk awal, ambil napas dalam-dalam.  Lakukan beberapa kali agar tubuh siap melakukan olahraga yang disukai.

Penting sekali memastikan anak tetap melakukan pemanasan sebelum olahraga dengan aman dan nyaman. Jika Anda khawatir pemanasan bisa menyebabkan cedera fisik, ada baiknya konsultasi dengan pakar olahraga dan ahli medis terbaik. Tubuh yang selalu melakukan pemanasan sebelum aktivitas berat bakal memiliki performa yang lebih kuat dan minim cedera fisik.