Contoh Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

Contoh Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

Dalam selogan negara kita bhineka tunggal ika yang tidak lain adalah slogan ampuh yang memberikan lambang persatuan semua suku dan agama menjadi tumpah darah satu yang tentu saja juga akan dibarengi dengan bagaimana kita menjadi warga negara yang taat terhadap kewajiban kita.

Sebagaimana negara sudah memberikan hak hak yang ada sejak kita lahir, baik hak dalam bentuk kebebasan berpendapat, hak untuk hidup, sampai dengan hak dalam mendapatkan penghidupan dan pekerjaan yang layak.

Maka dari itu, untuk membalas apa yang diberikan negara, kita harus tau apa saja kewajiban pokok kita menjadi warga negara dalam hal ini ada lima point yang harus kita lakukan antara lain:

  1. Ikut andil dalam membela negara

Ini akan mengingatkan kita akan sejarang kemerdekaan Bangsa Indonesia yang didapatkan dari perjuangan yang penuh dengan kerja keras, korban jiwa dan raga, harga dan waktu.

Pengorbanan Masyarakat Indonesia dalam mengusir penjajah dan koloninya adalah sebuah hak wajib, dimana setiap orang yang terlahir di Indonesia memiliki kewajiban mempertahankan, membela negara dari gangguan negara lain.

  1. Kewajiban kedua adalah membayar pajak

Pajak sendiri bentuk rasa terimakasih kita kepada Negara yang sudah memberikan fasilitas berusaha, bekerja dan hidup dalam damai.

Maka membayar pajak adalah salah satu kewajiban kita yang tentu saja akan membantu Negara dalam menguatkan kondisi prekonomian secara global. Tanpa pajak, sebuah Negara akan miskin tidak ada pemasukan yang besar karena sektor pajak inilah yang paling besar sumbangsihnya terhadap kesetabilan ekonomi.

Baca juga : pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli

  1. Kewajiban lain adalah tunduk dan taat pada hukum

Negara kita adalah negara hukum, dimana hukum bersifat mengatur dan memaksa. Mengatur dalam menajalankan ketertiban bangsa dan memaksa supaya setiap warga negara taat akan ketetapan hukum yang berlaku.

Dimana langit di junjung disitulah bumi di injak, maka ketika kita memastikan menjadi WNI maka semua hukum yang berlaku wajib di patuhi.

Tanpa mematuhi hukum, maka kondisi negara akan cepat hancur tidak ada aturan yang mengikat dan bisa jadi berbuat se enaknya saja.

  1. Ikut ambil bagian dalam proses pembangunan

Kemudian kewajiban lain juga sebagai warga harus ikut andil terjun dalam proses pembangunan bangsa secara menyeluruh demi kemajuan bangsa dalam persaingan menghadapi globalisasi. Itu dia beberapa kewajiban menjadi warga negara yang kami kutip dari www.daftarpustaka.org  yang senantiasa harus di junjung tinggi.