7 Karakteristik Desain Rumah Bergaya Klasik

7 Karakteristik Desain Rumah Bergaya Klasik

Rumah gaya klasik mengedepankan tampilan futuristik dan elegan. Terdapat penyedia jasa arsitek khusus bangunan klasik untuk mempermudah desain rumah. Umumnya akan diberikan sentuhan seni dari Yunani dan Romawi pada bagian pilar, bingkai jendela hingga lisplang. Kenali karakteristik gaya klasik jika tertarik desain elegan nan mewah satu ini.

1.      Pengaplikasian Warna

Umumnya warna yang digunakan memberikan kesan tentram dan damai. Warna-warna tersebut seperti mocca, putih dan beige. Tambahkan warna merah atau kuning emas untuk menegaskan kesan mewah. Aplikasi warna netral terang pada daerah yang mendominasi seperti dinding dan atap. Sedangkan warna netral lebih gelap di bagian lantai dan perabotan yang dipakai.

2.      Bahan Material

Bahan utama yang dibuat berbeda dari bangunan biasanya. Material seperti marmer, batu alam hingga kayu berukir yang menjadi pondasi dan penegak bangunan. Sentuhan seni memberikan kesan mewah dan eksklusif. Seperti ukiran pada perabotan meja kursi serta pintu. Furniture dari bahan marmer akan diberikan pelapis untuk menghindarkan dari lumut dan jamur.

3.      Pemisahan Ruangan

Rumah klasik dibangun di atas lahan yang luas. Ruangan untuk pintu depan pun dibutuhkan lahan luas. Ruangan akan terpisahkan oleh dinding yang solid. Setiap ruangan berukuran luas dengan hiasan bergaya klasik. Terdapat ruangan yang menghubungkan antar ruangan seperti koridor ataupun lorong yang panjang.

4.      Interior

Plafon dibangun tinggi sekitar 3,5 meter yang juga menjadi  ciri  utama. Permukaan yang luas ditambah dengan tingginya plafon menambah ruangan menjadi lebih bervolume. Terdapat hiasan detail pada bagian di antara dinding  dan atap. Tersusun dua lantai yang dihubungkan dengan tangga melengkung dengan detail di bagian pegangannya. Menambah kesan mewah bergaya klasik.

5.      Exterior

Tak seperti penampakan di dalamnya, karena jika dilihat dari luar rumah ini terlihat kecil dan sempit. Desain atap dan plafon yang berukir indah dilengkapi lampu tanam di bagian tengah. Memiliki pagar yang tetap bisa menampilkan keindahan rumah di dalamnya. Rumah ditopang oleh pilar-pilar yang besar dan tinggi. Memiliki balkon di lantai dua dengan pagar mengelilinya.

6.      Aksesoris

Aksesoris yang digunakan memancarkan nuansa Timur Tengah. Aksesoris yang juga fungsional seperti permadani dari Timur Tengah biasa dipakai untuk rumah gaya klasik. Sedangkan aksesoris yang hanya digunakan untuk keindahan seperti lukisan hingga cermin dengan detail ukiran pada bingkai. Tambahan sentuhan mewah pada lampu gantung kristal dan vas bunga.

7.      Pondasi  Rumah

Pondasi rumah dibangun dengan pilar-pilar besar yang diukir dengan ornamen kerajaan kuno. Pilar ini tak  hanya berdiri di teras namun juga di dalam rumah. Pilar berdiri hingga ke langit-langit yang juga memiliki detail ukiran kerajaan kuno. Pondasi terbuat dari bahan yang kuat seperti batu  alam dan marmer  utuh.

Itulah ke-7 karakteristik yang dimiliki  oleh desain rumah bergaya klasik. Anda juga bisa menerapkannya pada kantor, villa atau restoran yang  dimiliki. Pesan jasa desain interior untuk menyempurnakan gaya klasik pada bangunan Anda.