7 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Tidur Malam

7 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Tidur Malam

Anak yang susah tidur pada malam hari memang menjadi masalah, masalah bagi kesehatanya dan tentu saja masalah juga bagi orang tuanya.

Oleh karena itu, membuat anak tidur tepat waktu memang tidaklah mudah, namun bisa anda coba beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara mengatasi anak susah tidur malam yang akan kami berikan dibawah ini.

Cara mengatasi anak susah tidur di malam hari

1. Mengatur jadwal tidur dengan tertib

Batas normal tidur anak tentu saja berbeda dengan orang dewasa, baiknya anak anak harus tidur maksimal jam 9 malam.

Jika anak anda saat ini tidur diatas jam 10 malam misalkan maka sudah berlebihan dan perlu anda atur jadwal ulang lebih baik daripada harus membiarkan kondisi ini terus terjadi.

Memang mengatur ulang jadwal tidur anak ini tidak mudah, namun bisa anda lakukan dengan cara perlahan dan tentu saja konsisten.

2. Jangan meletkan televisi, gadget di kamar anak

Ini adalah cara terbaik, dimana anda bisa memisahkan ruangan bermain, kemudian ruangan menonton tv di rumah anda.

Jika anda bermain maka bisa di ruangan khusus, sama juga ketika harus bermain gadget dan nonton televisi misalkan. Jadi, kalau anak sudah berada di kamar maka tidak ada yang akan mengganggu konsentrasi mereka untuk istirahat.

3. Memberikan pelajaran ritual sebelum tidur

Apa itu ritual sebelum tidur ? ya bisa jadi dengan mencuci tangan dan kaki, kemudian minum air putih sampai dengan menggosok gigi.

Jadi ketika anda sudah melakukan hal ini, si anak sudah tau setelah prosesi ini maka waktunya mereka akan tidur,terus biasakan sampai anak terbiasa tanpa ada paksaan.

4. Hindari membangunkan anak ketika dia tertidur

Terkadang orang tua saking kangenya kepada anaknya setelah seharian tidak bertemu dan pulang malam tega membangunkan anaknya yang sudah tidur. Maksudnya baik, tapi ini egois karena menggangu tidur si anak.

Ya, kalau setelah berpelukan beberapa menit si anak bisa lelap kembali, kalau tidak bisa tidur kan sama saja anda egois kepada si anak jadi hindari ya kebiasaan ini.

5. Berikan si anak rasa nyaman

Anak yang nyaman dari tempat tidur yang bersih, kemudian lingkungan yang tidak berisik akan membuat pola tidur lebih berkualitas.

Jadi, orang tua harus bisa memberikan kondisi ternyaman bagi anak anak mereka, jangan sampai karena kegiatan orang tua membuat anak terganggu jam tidur malamnya.

6. Beri peringatan 1 jam sebelumnya

Misalkan jam 08 malam anda sudah memberikan stimulus kepada si anak, dek,,, satu jam lagi tidur ya. Stimulus ini memang sederhana tapi bisa sangat berpengaruh kuat dalam memberikan perintah kepada otak si anak untuk tidur 1 jam lagi.

7. Perhatikan waktu tidur siang anak anda

Jangan sampai tidur siang si anak terlalu lama. Tidur siang maksimal 1 jam sudah sangat bagus buat anak anak. Jika terlalu lama misalkan sampai 3 jam maka mereka malam harinya juga akan lama tidurnya.

Kemudian sama saja, di sore hari anda jangan sampai memberikan anak anda tidur, karena tidur sore hari akan membuat mereka segar dan melek bisa jadi sampai jam 11 malam.

Cara lain juga bisa anda coba dengan mengajak anak anda selalu aktif bermain di luar rumah, tubuhnya harus tetap bergerak sampai misalkan memberikan makan dulu, karena kalau sudah kenyang akan cepat tidur.