5 Alasan Asam Folat Itu Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin, Lengkap Dengan Tips Konsumsi

5 Alasan Asam Folat Itu Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin, Lengkap Dengan Tips Konsumsi

Tahukah Anda bahwa ibu hamil butuh nutrisi yang lebih banyak? Salah satu yang wajib dikonsumsi dalam dosis tepat adalah asam folat.  Vitamin B9 ini, punya andil penting baik bagi janin maupun sang ibu agar  kehamilan lancar hingga proses melahirkan.

Alasan Asam Folat Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin Adalah…

Jika biasanya kebutuhan orang dewasa hanya 0,4 miligram vitamin B9 setiap harinya, pada kondisi hamil seorang wanita jadi butuh dua kali lipatnya setiap hari. Makanya, perlu asupan yang cukup sebab akan bermanfaat bagi lima kondisi berikut.

  • Cegah Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit paling dihindari, oleh ibu hamil sebab ketika sang ibu kekurangan sel darah merah otomatis banyak hal akan mendapat pengaruhnya selama kehamilan.

  • Cegah Preeklamsia

Ini adalah kondisi saat hamil, dimana wanita mengalami tekanan darah tinggi yang sulit diatasi, diikuti dengan bocornya protein yang ada pada urine. Jika dibiarkan, maka akan sangat berbahaya bagi jiwa ibu dan janinnya.

  • Pembentuk Plasenta

Untuk menghasilkan plasenta dengan bentuk dan fungsi yang baik, salah satu nutrisi yang wajib adalah asam folat. Plasenta merupakan lapisan yang menghubungkan, antara nutrisi  dari tubuh ibu hamil dengan janin. Semakin bagus kualitas plasenta, akan semakin bagus pula proses penyaluran nutrisi kepada janin.

  • Cegah Bayi Cacat

Dari penelitian medis, vitamin B9 ini akan meminimalisir terjadinya kecacatan pada janin. Ketika seorang ibu hamil mendapat asupan asam folat yang cukup, maka resikonya melahirkan bayi cacat akan berkurang.

  • Cegah Sakit Jantung

Jika ibu hamil mengkonsumsi asam folat secara rutin, bahkan sebelum kehamilan maka bisa menjadi senjata mencegah masalah jantung pada janin. Terutama katup pada jantung yang tak berfungsi maksimal.

Tips Konsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang bisa dipakai para ibu hamil dalam mengkonsumsi asam folat, Anda bisa pilih salah satunya sesuai kondisi tubuh saat hamil.

  • Kolaborasi Sayur dan Buah

Anda bisa mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau contohnya, selada, bayam, atau asparagus. Sedangkan buahnya adalah tomat, jeruk lemon, pisang, atau alpukat. Jika Anda suka kolaborasi jus maka bisa membuat jus sayur dan buah dari pilihan di atas.

  • Kolaborasi Sumber Protein

Mengkonsumsi sumber protein yang mengandung vitamin B9 juga bisa dilakukan, agar kebutuhan 0,8 mg setiap hari.

  • Cemilan Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang akan membantu Anda memenuhi kebutuhan akan asam yang satu ini. Tinggal pilih, mau kacang polong, walnut, kacang merah, atau kacang tanah.

  • Suplemen

Di awal kehamilan, mungkin sebagian wanita akan merasakan penurunan nafsu makan. Jadi untuk mencegah kurangnya asupan nutrisi, bisa memilih konsumsi suplemen vitamin B9 saja dengan dosis yang tepat untuk ibu hamil.

Jadi, jangan abaikan kebutuhan asam folat jika berencana hamil atau saat sudah hamil. Zat ini sangat penting, untuk membantu memaksimalkan kehamilan dan kesehatan ibu serta janinnya. Tapi, tetap harus dipadukan dengan kebutuhan lain yang tepat.